5 Tips Membeli Laptop

5 Tips Membeli Laptop



5 Tips Membeli Laptop - Membeli laptop baru kadang sedikit memerlukan perencanaan yang matang. Apalagi bila dana yang disiapkan pas-pasan. Laptop mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi referensi bagi anda sebelum memutuskan untuk membeli laptop.



1. Sesuai kebutuhan
Maksudnya adalah bila anda ingin membeli laptop, sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang sering anda lakukan dengan laptop. Misalnya anda seorang Desainer, Gamers, atau Programmer. Tentunya spesifikasi laptop yang anda butuhkan adalah yang sedikit lebih komplit dari sisi kemampuan dan kecepatannya. Yang harus anda perhatikan adalah berapa kecepatan Prosesornya, berapa kapasitas VGAnya, berapa besar kapasitas RAMnya, serta berapa besar kapasitas Hardisknya.

Lainya halnya bila laptop digunakan hanya untuk keperluan ketik mengetik. Biasanya untuk keperluan ini dengan spesifikasi standar saja sudah cukup.

2. Desain
Hal kedua yang menjadi pertimbangan adalah dari segi desain. Laptop keluaran sekarang rata-rata bodynya tipis.  Bagi anda yang sering bepergian sambil membawa laptop, sebaiknya pilihlah desain casing body yang lebih kokoh dan tahan terhadap guncangan, sebab 40 persen kerusakan laptop disebabkan oleh guncangan.

3. Garansi dan Purna Jual
Perhatikan juga layanan service dan garansi dari laptop yang anda beli. Perjelaslah kepada toko tempat anda membeli tentang apa saja yang termasuk garansi. Banyak toko atau dialer yang kurang memperhatikan hal ini sebagai layanan kepada pelanggannya.

Sebelum anda membeli laptop sebaiknya perhatikan juga harga jual laptop bila anda ingin menjualnya kembali. Beberapa merek tertentu masih laku dengan harga yang tinggi bila dijual kembali sebagai barang seken. Hal ini berguna apabila anda ingin menjual laptop anda kembali kepada teman, atau menggantinya dengan cara tukar tambah kepada toko tempat anda membeli.

4. Waktu membeli
Bagi anda yang  Biasanya harga laptop keluaran baru dijual dengan harga mahal. tunggulah sampai laptop yang anda ingin beli sedikit turun harga. Biasanya laptop keluaran baru akan mengalami penurunan harga sekitar 6 bulan kedepan. Ini dikarenakan laptop keluaran baru dengan spesifikasi yang baru juga sudah diproduksi, sehingga laptop keluaran 6 bulan lalu biasanya mengalami penurunan harga sekitar 25 sampai 30 persen.

5. Membeli Laptop Bekas
Untuk anda yang memilih untuk membeli laptop bekas atau seken, perhatikan baik-baik kondisi laptop yang akan dibeli. Periksa daya baterai apakah masih bagus atau sudah drop. Untuk kondisi yang masih bagus biasanya masih bertahan selama kurang lebih 1 jam atau lebih. Periksa juga layar LCD apakah ada goresan, periksa juga tuts keyboard apakah masih berfungsi atau hurufnya masih jelas kebaca. Periksa juga apakah perangkat bagian dalam masih bagus atau tidak.

Kalau anda tidak yakin mintalah bantuan kepada teman yang mengerti tentang hal ini. Dan yang paling penting pastikan anda membelinya dari orang yang anda kenal, jangan sampai laptop yang anda beli adalah barang curian.

Demikian artikel tentang  5 Tips Membeli Laptop semoga bermanfaat.



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih