6 Hal Buruk Yang Sering Dilakukan Pengguna Komputer

6 Hal Buruk Yang Sering Dilakukan Pengguna Komputer

cara merawat laptop
 
6 Hal Buruk Yang Sering Dilakukan Pengguna Komputer - Inilah hal-hal yang sering diabaikan dalam menggunakan Komputer. Agar PC atau Laptop anda awet, sebaiknya hindarilah beberapa hal berikut ini :

1. Menginstall Plugin Berlebihan 
Untuk mempercantik tampilan Laptop/Komputer, terkadang menginstall plugin yang berlebihan. Katanya supaya mempercantik tampilan layar agar kelihatan lebih profesional. Sebenarnya hal ini dapat mengganggu kecepatan loading aplikasi. Sebaiknya penggunaan plugins ini dibatasi, atau kalau diperlukan sebaiknya pilih aplikasi themes yang tidak terlalu memberatkan system anda. 

2. Menginstall Aplikasi Berlebihan 
Supaya desktop kelihatan ramai terkadang pengguna pemula menginstall berbagai macam aplikasi, agar layar dekstop kelihatan penuh. Katanya supaya kelihatan lebih profesional (hehehe). Padahal pada kenyataannya aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali.

Hal ini dapat mengurangi performa komputer anda. Sebab dengan banyaknya aplikasi yang berjalan akan sangat memberatkan komputer anda. Install saja aplikasi sesuai kebutuhan, agar performa komputer tetap terjaga. 

3. Over Charge 
Bagi pengguna laptop, harap perhatikan agar jangan terlalu sering menancapkan Adaptor charge di laptop terlalu lama. Cabutlah adaptor bila sudah penuh. Dan pasang lagi jika indikator baterai sisa 10 persen. Jika hal ini sering dilakukan, yakinlah kurang dari setahun baterai laptop anda akan mengalami drop sampai 50 persen.

Ada banyak aplikasi yang bisa membantu anda dalam mengontrol penggunaan baterai laptop, yang bisa anda pakai. Lihat artikel tentang Cara Merawat Baterai Laptop 

4. Sering Kena Benturan 
Sering membawa-bawa laptop juga akan menyebabkannya cepat rusak karena benturan. Untuk anda yang sering membawa laptop ke tempat kerja atau ke sekolah. Kerusakan yang sering terjadi adalah rusaknya layar LCD dan Hardisk, akibat guncangan yang berlebihan. Sebaiknya pakailah tas laptop yang agak tebal dan yang menyediakan ruangan untuk tempat laptop, supaya laptop anda tetap aman dari guncangan 

5. Tidak Pernah Mengupdate AntiVirus 
Antivirus diperlukan untuk menjaga sistem supaya tetap aman dari gangguan virus, Apalagi bagi anda yang sering berbagi data dengan pengguna lain lewat Flashdisk atau semacamnya. Apalagi kalau anda sering menggunakan internet. Banyak sekali virus dan worm yang bisa menyusup kedalam sistem. Updatelah secara teratur antivirus yang anda pakai. Install maksimal dua antivirus pada komputer atau laptop anda. Satu untuk virus lokal, dan satunya lagi untuk virus mancanegara. 

6. Tidak Pernah Melakukan Perawatan System 
Hal ini juga sangat jarang dilakukan oleh pengguna pemula. Sebaiknya lakukanlah Scandisk secara teratur, minimal sekali seminggu. Ini berguna untuk menjaga performa Hardisk supaya tetap awet. Lakukan juga defragmentasi pada hardisk minimal sebulan sekali agar kinerjanya tetap maksimal. Ada banyak aplikasi di luar sana yang bisa anda gunakan. Cari saja google atau tanya pada teman yang mengerti tentang hal ini. 

Hindarilah hal-hal tersebut di atas, supaya anda tidak menjadi pelanggan setia tukang service komputer.

Semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 komentar

6 point yg sangat penting sekali gan, cuma ane suka ngelakui over charge, hehe

Balas

Betul bro ini pengalaman ane saja.. hehehe
gak papa sering charge yang penting setiap full di lepas lagi chargenya..
trims sdh berkunjung..

Balas

nah mending klw pass full di cabut.. tp klw ane karna keasikan maen laptop jadi lupa cabut colokan charge'a.. :D

Balas

Memang diperlukan kedisiplinan bro..., gak apa2 nancap terus chargex yg penting sgra cabut kalo indikator baterai sdh 100%, sambil laptopx tetap dipake saja.. Trus kalau baterei sisa 10% tancap lagi, dan charge lagi sampe 100%.. begitu seterusnya. Trims

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih