Tutorial Cara Membuat Logo Corel Draw

Tutorial Cara Membuat Logo Corel Draw

Tutorial Cara Membuat Logo Corel Draw - Membuat logo di CorelDraw sebenarnya sangat gampang. Cuma banyak orang yang belum tahu triknya. Berikut saya akan mengulas bagaimana cara membuat logo di CorelDraw dengan cara yang paling cepat.

Sebagai contoh kasus kita akan belajar bagaimana cara membuat logo Indosiar seperti gambar di bawah

indosiar


Tapi sebelumnya saya akan menunjukkan dulu 3 (tiga) tools dasar yang wajib anda pahami baik-baik sebab inilah inti sebenarnya yaitu :


- Trim (memotong gambar)
- Weld (menggabungkan gambar)
- Intersect (mengiris gambar)

Oke kita langsung saja prakteknya. Pertama-tama buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool seperti gambar di bawah


Klik Ellipse Tool (lingkaran), kemudian tekan tombol Ctrl pada keyboard (agar lebar dan tinggi lingkaran sama). Pada Lembar kerja CorelDraw sambil tetap menekan tombol Ctrl tarik kebawah. Atur besarnya lingkaran sesuai kebutuhan. Seperti gambar di bawah :



Berikut buat lagi tiga buah kotak dengan menggunakan Rectangle Tool seperti gambar di bawah :



Gambarlah tiga buah kotak dan letakkan di atas gambar lingkaran sudah kita buat tadi. Kotak ini berfungsi untuk memotong lingkaran menjadi empat bagian dengan perintah Trim. Aturlah ukuran besar kotak seperti gambar di bawah lalu letakkan di atas gambar lingkaran yang sebelumnya kita buat sehingga posisinya bertumpuk tepat seperti gambar di bawah ini  :



Setelah itu blok semua gambar diatas dengan menggunakan Pick Tool yang terletak di sebelah kiri atas  seperti gambar di bawah yang dilingkari merah seperti gambar di bawah



Klik pada Pick Tool lalu buatlah seleksi pada gambar kotak dan lingkaran seperti nampak pada gambar di bawah ini.  Seleksi semua obyek tersebut. Jangan sampai ada yang tidak terseleksi.



Selanjutnya keempat gambar diatas masih dalam keadaan terseleksi klik satu kali pada button Trim (yang dilingkari merah) pada menu bar  seperti gambar di bawah. Kalau gambar belum terseleksi dengan baik  maka button Trim tidak akan muncul. Nanti setelah terseleksi baru menu  tersebut muncul otomatis




Kalau perintah Trim berhasil dilakukan maka kotak akan memotong gambar lingkaran, hasilnya akan nampak seperti di bawah ini. 



Hapuslah ke tiga gambar kotak tersebut, sehingga yang tersisa hanya gambar lingkaran yang sudah terbentuk seperti gambar dibawah ini. Gambar lingkaran masih menyatu sehingga harus dipisahkan menjadi empat bagian untuk memudahkan memberi warna.



Untuk memisahkan gambar menjadi 4 bagian klik kanan pada gambar lingkaran lalu pilih Break Curve Apart seperti pada gambar di bawah.



Setelah gambar sudah terpisah-pisah, klik pada potongan yang akan diwarnai setelah itu klik pada tools warna yang tersedia di tool bar  sebelah kanan seperti gambar di bawah.

logo indosiar



Berilah warna pada masing-masing potongan lingkaran sehingga hasilnya seperti tampak pada gambar di bawah



Selanjutnya kita akan membuat tulisan INDOSIAR. Klik pada toolbar Text Tool disebelah kanan (yang dilingkari merah) kemudian pilih jenis font/huruf Arial dan atur juga besarnya font/huruf pada menu bar (yang dilingkari merah). Setelah itu klik pada lembar kerja untuk mulai mengetik.

Tutorial Cara Membuat Logo Corel Draw


Karena tulisan INDOSIAR terdiri dari 2 warna yang berbeda, maka kita akan membuat 2 tulisan yaitu : IND (biru cerah) dan SIAR (biru gelap) sedangkan huruf O kita akan buat dari 2 buah lingkaran dan diberi warna merah. Jangan lupa beri warna dengan menggunakan tool warna yang terletak disamping kanan. Hasilnya seperti gambar di bawah.



Gambarlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool (cara membuat lingkaran seperti penjelasan sebelumnya) lalu aturlah ketebalan garis lingkaran pada menu Outline Width (yang dilingkari merah) pilih yang 4,0 pt (ketebalah garis disesuaikan kebutuhan) seperti gambar di bawah ini.



Setelah itu beri warna merah pada lingkaran (gambar lingkaran masih dalam keadaan terpilih) dengan mengklik Outline Pen Dialog pada toolbar di sebelah kiri. Pilihlah warna merah.



Buat lagi satu lingkaran yang agak kecil dengan cara persis seperti diatas. Lalu atur posisinya diantara tulisan IND dan SIAR sehingga hasilnya akhirnya seperti pada gambar di bawah



Selanjutnya kita akan menghilangkan garis hitam pada tepi gambar supaya gambar logo terlihat lebih realistis.
Caranya klik satu persatu pada lingkaran yang sudah dipotong, lalu klik pada menu tool  Outline With disamping klik pada No Outline. Caranya seperti gambar di bawah (yang dilingkari merah)



Setelah proses diatas selesai dilakukan, maka hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini (tanpa ada garis tepi warna hitam)



Langkah terakhir kita akan menambahkan kotak segi empat di sekeliling gambar logo diatas. Caranya klik pada Rectangle Tool seperti gambar di bawah

 

Selanjutnya gambarlah kotak di sekililing Logo dengan menggunakan Rectangle Tool sehingga posisi kotak terhadap lingkaran persis seperti gambar di bawah.



Untuk membuat sudut kotaknya tumpul gunakan Shape Tool pada tool di samping. Klik Shape Tool lalu klik kotak sampai muncul kotak kecil di keempat sudutnya. Tariklah ke kanan sehingga keempat sudutnya terbentuk seperti gambar di bawah.

logo indosiar


Sesuaikan besar sudut, atur juga warna outline dan ketebalan garisnya. Hasil Akhirnya seperti gambar di bawah.



Simpanlah gambar yang sudah anda buat.

Untuk mengSave gambar kedalam format jpg, bmp, gif atau format gambar lain klik menu pada File lalu pilih Export selanjutnya pada Save As type pilih jenis format file, lalu klik tombol Export lalu OK.



Selesai sudah tutorial kita kali ini.
Nantikan artikel berikutnya kita akan bahas fungsi Weld dan Intersect. Semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Logo nya transTV juga sama caranya ??

Balas

untuk logo TransTV kita bisa menggunakan fungsi Weld gabung Trim..

Makasih ya sudah berkunjung

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih