Tutorial Cara Membuat Logo Stempel CorelDraw

Tutorial Cara Membuat Logo Stempel CorelDraw

Tutorial Cara Membuat Logo Stempel CorelDraw - Di tutorial kali ini kita akan membuat gambar Logo Stempel secara cepat dan mudah, dengan waktu  kurang dari lima menit. Secepat itukah cara membuatnya? Ya betul, karena dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini saya yakin anda akan bisa membuat Logo Stempel di Coreldraw dengan cepat dan mudah.

Gambar Logo Stempel yang akan kita buat seperti contoh di bawah ini :

stempel


Berikut langkah-langkah membuat Logo Stempel :

1.  Pada lembar kerja coreldraw, rubah dulu ke dalam centimeter seperti pada gambar di bawah. Karena disini kita akan menggunakan ukuran yang sebenarnya untuk membuat gambar Logo Stempel Coreldraw

logo stempel


2.  Selanjutnya kita akan membuat garis bantu di lembar kerja. Taruh pointer pada sudut kiri atas lembar kerja (yang dilingkari merah) lalu tarik kebawah seperti pada gambar di bawah sesuai urutan yang diberi nomor.




3.  Kemudian posisikan pointer mouse pada mistar sebelah kiri. Klik dan tahan lalu tarik ke kanan, posisikan garis-garis putus di angka nol pada mistar (lihat gambar di bawah sesuai urutan nomor). Lakukan juga untuk mistar sebelah atas, tarik kebawah dan posisikan pada angka nol di mistar.



4.  Aturlah supaya garis bantu putus-putus tersebut berada pada posisi pada angka 0 centimeter dan 3,5 centimeter di mistar atas dan mistar samping, seperti gambar di bawah. Akan tercipta kotak yang dibentuk oleh garis putus-putus tadi. Kotak Inilah yang akan dipakai sebagai garis panduan untuk membuat Logo Stempel dengan diameter 3,5 centimeter.



5.  Selanjutnya dengan menggunakan ellipse tool gambarlah dua buah lingkaran di dalam garis panduan. Urutannya seperti gambar di bawah yang diberi nomor. Agar lingkaran Logo Stempel yang dibuat sama besar, tekan tombol control sambil menggambar lingkaran. Atur juga ketebalan garisnya menjadi 1,0 pt. 




6.  Buatlah tulisan kalimat “BERBAGAI INFORMASI MENARIK” dengan menggunakan Text Tool seperti gambar di bawah. Atur jenis huruf dan besar huruf seperti petunjuk di bawah. setelah itu buat lagi satu tulisan kalimat “SERTA TUTORIAL BERMANFAAT”, cara buatnya seperti kalimat sebelumnya.




7.  Selanjutnya tekan tombol Shift, lalu klik gambar lingkaran kecil yang sebelah dalam, juga tulisan “BERBAGAI INFORMASI MENARIK” (tombol shift belum dilepas), klik lagi menu Text lalu pilih Fit Text To Path. Urutannya sesuai nomor merah di bawah.



8.  Setelah  Fit Text To Path dipilih, maka tulisan akan mengikuti bentuk lingkaran Logo Stempel yang kedua, seperti gambar di bawah ini. 



9.  Atur jarak tulisan dengan pinggir lingkaran dengan cara merubah angka  pada menu bar distance from path (yang dilingkari merah) seperti pada gambar di bawah.  



10.  Ulangi cara seperti pada point 7 di atas untuk kalimat berikutnya “SERTA TUTORIAL BERMANFAAT”, sehingga hasilnya akan seperti pada gambar di bawah  



11.  Selanjutnya kita akan mengatur agar kalimat kedua berada di sebelah bawah gambar lingkaran. Ikuti petunjuk seperti gambar di bawah



12.  Setelah di klik, bentuknya akan berubah seperti gambar di bawah. Lanjutkan dengan mengklik menu Place on Other Side untuk merubah posisi tulisan, seperti yang dilingkari merah pada gambar di bawah.



13.  Setelah di klik, maka posisinya akan menjadi seperti gambar di bawah. Atur jarak tulisan dengan pinggir lingkaran dengan menggunakan menu Distance From Path (yang dilingkari merah) seperti pada gambar di bawah. Logo Stempel kita sudah hampir jadi.



14.  Selanjutnya kita akan menambahkan 2 buah gambar bintang lima kedalam gambar Logo Stempel yang sudah hampir selesai kita buat, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini sesuai urutan nomor. Jangan lupa beri warna hitam pada kedua gambar bintang setelah jadi.



15.  Tambahkan 2 buah garis lurus dengan menggunakan Freehand Tool. Ikuti langkah-langkah di bawah sesuai urutan nomor



16.  Selanjutnya tambahkan tulisan BLOG-PNS dengan menggunakan Text Tool, lalu posisikan tepat seperti gambar di bawah ini. Gambar Logo Stempel sudah selesai. Mudah dan cepat bukan?

bikin stempel


Untuk menyimpan gambar dengan format jpg atau format lain, silahkan ikuti petunjuk di tutorial disini pada akhir postingan.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Logo Stempel CorelDraw Semoga bermanfaat

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

17 komentar

dengan correl jadi lebih mudah ...

Balas

Wah, kurang begitu terampil saya menggunakan corel...but, thanks ya sharingnya,,,

Balas

@Joe : Betul gan,,sangat mudah membuat logo dengan menggunakan corel ini.Trims

@Uyo Yahya : Gampang kok gan.. belajar aja lewat tutorial diatas..saya yakin agan bisa membuatnya. Trims

Balas

nice pos mas salam kenal kunbal y

Balas

wah ternyata mudah juga ya mas untuk membuat logo stempel ini dengan menggunakan corel drow. Kebetulan saya sudah punya program corel draw ini, jadi tinggal dipraktekkan aja tutorial diatas :)

Balas

@ Handri : ok gan trims

@ Mbak Ririn : Pada dasarnya membuat logo di Coreldraw sangat gampang. trims

Balas

saya lebih suka pake photoshop mas.. tapi terima kasih buat tutorialnya :)

Balas

wah harus dicoba nih tutorialnya untuk bikin logo stempel sendiri ya mas :)

Balas

@Nandar Sunandar : Banyak aplikasi yg biasa digunakan untuk membuat berbagai macam logo.. salah satunya ya CorelDraw. Saya juga sering menggunakan Potoshop untuk mempercantik gambar yang sudah saya buat di CorelDraw.. Mudah2an di lain waktu saya akan buat artikel memadukan CorelDraw dan Photoshop.. Trims Gan

Balas

@Mbak Ririn : Silahkan mbak.. ikuti saja tutorial diatas step by step, saya sudah mensarikan cara tercepatnya tanpa mengabaikan prinsip2 dasar Coreldraw melalui postingan diatas.. dan postingan terkait di blog ini..

Trims

Balas

kalau kita mau bikin logo blog, kira-kira cara nya sama nggak mas dengan cara bikin stempel ini. Pengen banget nih punya logo untuk blog saya sebagai lambang aja supaya mudah diingat :)

Balas

@Mbak Ririn : wah ide yang sangat bagus tuh mbak, Logo stempel di Blog. Cara bikinnya sama saja dengan cara buat logo diatas, Penggunaan utility di Corel juga sama.. Tinggal bentuk Logonya saja yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Trims

Balas

terima kasih informasinya,,,kapan-kapan bisa buat logo sendiri..

Balas

kirain saya pakai photoshop mas.. Tpi bagus juga ya hasilnya. soalnya saya masih kurang mendalami Coreldraw

Balas

@Abdurahman : sama-sama gan

@Achmad : pakai corel gan.. kalo mau belajar ikuti saja tutorial diatas, gampang kok.. trims

Balas

Tutorial yang sgt bermanfaat mas,mau cobain juga saya.

Balas

@Nehand : Silahkan dicoba gan.. trims

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih