Tutorial Menggambar Logo Menggunakan Coreldraw dan Photoshop

Tutorial Menggambar Logo Menggunakan Coreldraw dan Photoshop

Tutorial Menggambar Logo Menggunakan Coreldraw dan Photoshop - Tutorial kali ini kita akan membuat gambar logo dengan menggunakan coreldraw  dan photoshop. Ya dua aplikasi pengolah gambar ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Coreldraw berbasis vektor sedangkan photoshop berbasis layer.



Beberapa teman di blog ini menanyakan tentang cara pembuatan logo dengan Coreldraw atau Photoshop.  Di sini kita tidak akan membahas aplikasi mana yang lebih baik diantara keduanya, tetapi kita akan menggabungkan keduanya untuk menghasilkan gambar logo yang lebih indah dan menarik.

Menurut saya kedua aplikasi ini sama bagusnya, walaupun  mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu kita akan menggunakannya  bersama-sama untuk saling melengkapi biar adil hehehe…

Oke, agar belajar kita tidak memulai dari awal kita akan jadikan contoh kasus di artikel Cara membuat Logo Transtv. Pastikan aplikasi Coreldraw dan Photoshop (versi berapapun bisa) sudah terinstall pada komputer anda. Bagi yang sudah pernah mempraktekkan dan masih menyimpan filenya kita akan lanjutkan sebagai contoh kasus.

1.  Yang akan kita lakukan ini adalah merubah format file gambar, dari coreldraw menjadi photoshop. Buka file Logo Transtv yang sudah anda buat sebelumnya, lalu pada menu File pilih export seperti gambar di bawah.



2.  File akan disimpan di drive C.  Ikuti petunjuk sesuai gambar di bawah ini, menurut urutan yang diberi nomor. Klik tombol export.



3.  Setelah tombol export di klik maka akan muncul tampilan di bawah. Samakan lagi pengaturannya sesuai petunjuk pada gambar di bawah ini. Klik tombol OK bila sudah selesai



4.  Proses mengubah format gambar dari coreldraw ke photoshop sudah selesai dengan menggunakan fasilitas export. Coba periksa file anda di drive C seperti gambar di bawah



5.  Bukalah file tersebut dengan menggunakan photoshop, hasilnya akan seperti gambar di bawah. Logo Transtv dengan background transparan dalam bentuk layer



6.  Kita akan membuat gambar logo menjadi tiga dimensi dengan fasilitas Emboss pada photoshop. Klik layer Transtv, selanjutnya ikuti petunjuk gambar di bawah.



7.  Kemudian ikuti pengaturan sesuai gambar di bawah. Centanglah preview agar perubahan secara langsung segera terlihat disebelah kiri. Pengaturan di bawah ini disesuaikan saja dengan selera masing-masing. Klik Ok bila sudah selesai.



8.  Langkah selanjutnya kita akan menyimpan gambar ke dalam format jpg. Ikuti langkah-langkah di bawah sesuai urutan nomor.



9.  Jika sudah selesai,  hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah. Logo Transtv dengan efek tiga dimensi, dengan menggunakan coreldraw dan photoshop.




Supaya lebih mantap kita akan ulangi lagi menggambar logo dengan menggabungkan coreldraw dan photoshop. Sebagai contoh kasus kedua, kita akan menggunakan artikel di sini Tutorial Cara Membuat Logo Stempel dengan cara yang sedikit berbeda dengan yang di atas.

1.  Buka file stempel coreldraw yang sudah anda buat sebelumnya, dan beri warna merah seperti gambar dibawah. Caranya memberi warna seperti di postingan lalu Tutorial Cara Membuat Logo CorelDraw, tapi jika sudah tahu caranya skip saja.



2.  Lakukan cara persis seperti pada point-1 sampai point-5 di atas untuk merubah gambar stempel ke dalam format layer photoshop. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.




3.  Sekarang buka file logo dalam  format layer photoshop. Dan lakukan pengaturan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.



4.  Selanjutnya muncul menu texturerize. Lakukan pengaturan seperti gambar di bawah. (sesuaikan saja dengan selera masing-masing) jangan lupa klik tombol OK bila sudah selesai


5.  Setelah selesai, simpan gambar dengan cara persis seperti pada point-8 di atas. Hasil akhir seperti gambar di bawah ini. Logo stempel dengan efek texture berkat kolaborasi coreldraw dan photoshop.



Demikian Tutorial Menggambar Logo Menggunakan Coreldraw dan Photoshop. Semoga bermanfaat

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

20 komentar

Jadinya kreatif bisa membuat kreasi sendiri..sayangnya saya belum punya fasilitasnya

Balas

@jenix indah : Banyak hal yg bisa kita lakukan dengan coreldraw dan photoshop.. aplikasi bisa dicari di google banyak kok..trims ya

Balas

salam balik gan

wah mantab banget nih tutorialnya, saya lumayan bisa pake photoshop tapi belum bisa pake corel. terima kasih tutorialnya

Balas

@Bas setudio : sama-sama gan.. belajar coreldraw gampang kok. silahkan mas liat tutorial disini yang lain tentang coreldraw.. trims

Balas

bagus tutorial ini.. tentu memerlukan kreativiti juga untuk menghasilkan logo yang cantik dan berkualiti..

Balas

Wah,,,,, bagus nih Mas tutorialnya. Kapan-kapan coba deh. tapi sepertinya saya harus nayari versi yang khusus deh buat download corel. he,, he, he,,

Salam

Balas

mas kalu untuk buat logo blog yang kren tu cemana mas,nice pos

Balas

belum pernah belajar corel. lebih sering pake photoshop :)

Balas

keren gan. simpel tapi jelas bgt tutornya mantap

Balas

@Indra : Makasih bro..Coreldraw versi berapapu bisa, kalau saya biasa pake versi yang ringan-ringan saja

Balas

@Handri : Biasanya saya tetap pake CorelDraw gabung sama Photoshop gan agar hasilnya kelihatan bagus.
Trims

@Nandar : Photoshop juga bagus bro..trims

@Ilham : Trims gan.. sengaja saya bikin simpel tutorial ini agar lebih mudah dipahami tanpa mengabaikan prinsip dasar kedua aplikasi ini..

Balas

tks mas sangt bermanfaat..
menurut saya blogger wajib menguasai aplikasi ini.
coreldraw akan sangat menunjang bgi blog..:)

Balas

ternyata coreldraw bisa juga ya mas untuk bikin logo. Kebetulan saya punya nya coreldraw aja nih. Izin coba praktekkan tutorial diatas ya mas untuk membuat logo blog saya :) Semoga aja berhasil :)

Balas

kalau belum langsung praktek masih bingung saya mas, makasih sharingnya nanti saya coba praktekkan :)

Balas

Bagus juga ya, ternyata file coreldraw bisa di export ke Photoshop. baru tau saya...di kompi ada corel x5 tapi gak pernah di sentuh. paling cuma PS doang yang di pakai.

Balas

@Arif : Betul bro..untuk mempercantik blog kita, trims

@Mbak Ririn : Silahkan dipraktekkan smoga berhasil. trims

@Anthonie : Sama-sama gan

@Achmad : Kalau di kolaborasikan akan sangat luarbiasa hasilnya bro. trims

Balas

sangat lengkap dan runtut mas tutorialnya, sehingga mudah dipahami bagi yang ingin membuat logo di photosop dan coreldraw ya :)

Balas

@Mbak Ririn : Trims

Balas

terimakasih infonya sob, saya menjadi lumayan mudah membuat logo menggunakan Coreldraw dan Photoshop tersebut setelah membaca tutorial diatas :)

Balas

okey gan.. trims

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih