5 Tanda Anda Mungkin Termasuk Egois

5 Tanda Anda Mungkin Termasuk Egois


5 Tanda Anda Mungkin Termasuk Egois - Mungkin tidak ada orang yang suka disebut egois. Tapi, meski tidak ada orang yang pernah menyebut anda egois, belum tentu anda pasti bukan orang egois. Sebaliknya, meski ada orang yang pernah berkata jika anda egois, belum tentu juga anda memang egois. Bingung kan? Hehehe.. Itu sebabnya, coba cek diri anda sendiri, mungkinkan anda memang egois ?



1.  Tidak Suka Diperintah Orang Lain dan Susah Berkompromi
Anda lebih suka menyuruh dan memerintah dari pada diperintah. Ada yang mungkin berkata itu adalah tanda jiwa kepemimpinan bukan tentang memerintah, tetapi tentang memberi panduan, panutan, dan pelayanan.

Sebaliknya, jika kita justru tidak bisa dipimpin, bahkan tidak bisa berkompromi dan bekerjasama, bisa jadi kita hanya orang yang menganggap diri kita yang selalu paling benar. Faktanya, kita selalu butuh orang lain, baik untuk membimbing kita maupun untuk bekerjasama dengan kita demi meraih hal-hal yang baik bersama.

2.  Menganggap Orang Lain Egois
Seperti sudah disinggung sebelumnya, orang egois sering kali justru menganggap orang lain egois. Ini biasa terjadi ketika keinginannya tidak bisa terpenuhi dan ia terpaksa menuruti keputusan orang lain.

Tuduhan “kamu memang egois” dapat menjadi senjata terakhirnya untuk membuat orang lain itu merasa bersalah atau membuat orang lain memandang orang itu negatif juga. Jadi, mengatakan jika orang lain egois disini bukan untuk menyadarkan mereka, demi kepentingan mereka, tapi hanya demi kepentingan diri anda sendiri.

3.  Merasa Diri Selalu Lebih Baik dari Orang Lain
Kadang kala ini memang bisa memotivasi kita untuk percaya diri dan tidak mudah menyerah. Tapi, ini bisa juga menjadi tanda anda egois. Mengapa? Karena dengan selalu berpikir seperti itu anda merendahkan orang lain. Akibatnya anda juga merendahkan pendapat mereka, menganggap keputusan anda pasti selalu lebih baik dari orang lain

egois

Menyadari bahwa orang lain juga bisa jadi sama baik, bahkan mengakui mereka lebih baik, tidak akan membuat anda menjadi pribadi yang minder. Justru, dari situlah anda bisa lebih maju karena Anda bisa belajar dari mereka yang lebih baik itu

4.  Melihat Kritik Sebagai Serangan Pribadi
Ketika orang mengkritik anda,  maka anda menganggap itu karena dia benci, atau ingin menjatuhkan anda. Akibatnya, anda jarang memiliki teman yang tahan lama bersahabat dengan anda. Ini bukan karena anda kurang menyenangkan, kurang baik dan lain-lain. Tapi anda tak sadar bahwa dalam hubungan pasti ada gesekan atau perbedaan pendapat. Karena anda selalu merasa jika teman bahkan pasangan anda mengkritik maka itu berarti ia membenci anda, maka anda lalu memutuskan hubungan dengannya.

5.  Susah Memaafkan dan Meminta Maaf
Memberi maaf, apalagi meminta maaf, adalah hal yang paling susah untuk orang egois. Ini jelas, karena memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain membutuhkan kemauan untuk melepaskan “hak”. Sedang meminta maaf membutuhkan sikap merendahkan hati dan  diri anda sendiri

Meminta maaf juga terasa berat karena anda kwatir jika orang lain menolak memaafkan, bahkan merendahkan anda. Jelas, ini adalah hal yang merupakan mimpi buruk orang yang egois. Tidak heran jika daripada meminta maaf, seringkali orang yang egois lebih memilih menimpakan kesalahan kepada orang lain atau minimal mengajak orang lain turut bertanggungjawab.

Lima  hal ini bukanlah untuk menuduh dan menghakimi orang lain. Semoga saja, tidak ada satupun dari  5 sikap diatas yang ada pada diri anda. Dan jika memang ada, baiklah ini menjadi bahan perenungan untuk  bisa berubah.

Semoga bermanfaat.


Sumber : Artikel SUPER - edisi Desember


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

40 komentar

Wah mudah-mudahan saya dijauhkan dari tanda-tanda egois seperti yang disebutkan di atas yah mas, makasih infonya :)

Balas

kalau baca dari kelima tanda diatas, kelima-limanya bukan sifat saya... alhamdulillah berarti bukan termasuk orang yang egois ya saya, hehe

Balas

Ia gan mudah2an saja hehehe. trims

Balas

ia mbak mudah2an terhindar dari kelimat hal diatas hehehe..trims

Balas

sangat bermanfaat sekali artikell nya mas :)

Balas

ia mbak..semoga bermanfaat bagi yang ngebaca..termasuk saya juga hehehe

Balas

Apa saya termasuk dalam kategori ya mas...saya cek dulu

Balas

dari ke 5 poin ciri egois itu...perasaan...perasaan ini loch yah...ngga ada satupun yang jadi ciri keseharian saya deh kang...;o)

Balas

syukurlah gan hehehe

Balas

waduuh... apakah saya termasuk orang yang egois ya.. hmmm

Balas

Selamat malam sobat.
Sepertinya ane termasuk orang egois sob. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

Balas

semoga anda tidak termasuk gan hehehe

Balas

silahkan cek mbak..moga aja tidak termasuk

Balas

sama-sama sob..trims

Balas

Terwujud kembali datang mas :D

Saya sangat setuju mas, Egois merupakan sifat yang harus dibuang jauh-jauh

Balas

Betul kang.. agar teman2 tidak menjauh. trims

Balas

maaf bang jika komentar saya diluar topik,kunjungan perdana di blog abang ini,dan saya melihat ada kode error diatas header ini kodenya ->,dihapus aja bang, karena akan mengganggu spider untuk crawl HTML
terimakasih.semoga blognya sukses

Balas

Makasih mbak..

Balas

egois negatif nie,,,,
mudah"an kita semua dijauhkan ya mas

Balas

ya mudah-mudahan kita semua dijauhkan
dari sifat ini

Balas

kayaknya, saya termasuk orang egois...kalau lihat tanda-tanda diatas T_T

Balas

Ya, semoga dengan adanya artikel ini, saya bisa jadi lebih introspeksi diri :)

Balas

trims kunjungannya

Balas

jujur ane salah satunya mlah salah semua hehe... jgn sampek deh kyk gitu mlah dijauhin rejeki ama tetangga ntar :-)

Balas

ane yg nmor 1 banget gan... tpi yg lainnya gk... apa termasuk egois ane? :(

Balas

hahaha..berbakat jadi pemimpin gan

Balas

Apalagi kalau tetangganya cakep hehehe..

Balas

mudah2 kita tdk termasuk orang egois, mantap postingannya untuk dibaca calon pemimpin

Balas

ia gan, trims gan

Balas

Rasanya kurang objektif kalau saya menilai saya tidak egois, dan lebih objektif kalau orang lain yang menilai berdasarkan lima tanda-tanda tersebut ... :)

Balas

Sepakat gan.. kita hanya berusaha untuk tidak egois..
orang lain lah yang menilai apa kita egois atau tidak
trims

Balas

kadang egois datang gak diundang. namanya juga manusia mau gimana lagi.
sepertinya saya sendiri juga egois.

Balas

hehehe..asal jangan diteruskan gan.. trims

Balas

wah semoga saya aman dari kelima tanda2 diatas mas, hehehe :D
makasih telah mengingatkan saya :)

Balas

ya semoga mbak hehehe

Balas

Ooohh ternyata ini tanda" orang yg egois..
Waah sepertinya dari kelima yang tertulis di atas nggak ada pada diri saya hahaha
Waduuhh malah jadi merasa bukan egois,,,
Memang saya termasuk sedikit egois juga siih..
Saya maunya orang mengerti saya tapi saya jarang mengerti mereka

Balas

Wah saya termasuk orang yang gak suka diperintah dan gak suka memerintah orang lain, hehehe.. Semoga gak termasuk egois ya :D

Balas

sepertinya ane termasuk orang yang egois sob. makasih sudah mengingatkan

Balas

Waduh dari beberapa tanda diatas, ane punya salah satunya nih. Harus diperbaiki nih, terimakasih sudah mengingat saya sob.

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih