Cara Menghitung Kekayaan Pegawai  Negeri

Cara Menghitung Kekayaan Pegawai Negeri

Cara Menghitung Kekayaan Pegawai  Negeri - Apakah pegawai negeri bisa kaya? Dari mana saja sumber kekayaan pegawai negeri? Bisakah profesi pegawai negeri menjanjikan kekayaan? Bisa aja kok. Kenapa tidak? Kalau pegawai negeri walau penghasilannya sedikit tapi kalau yang bersangkutan rajin menabung ya lama-lama bisa kaya juga kan?  Seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi gunung. Hehehe

cara menghitung kekayaan pegawai negeri


Tapi kalau menurut saya kaya atau kekayaan itu relatif, tergantung cara kita menilainya. Maksudnya kalau kita bisa mensyukuri hal-hal tersebut, tentunya kita akan merasa kaya. Betul tidak? Lalu bagaimana cara menghitung kekayaan pegawai negeri? Tidak ada cara lain, selain menghitung berapa besar penghasilan yang diterima setiap bulan, lalu dikalikan setahun. Seperti itulah kira-kira gambarannya.

Berikut cara menghitung kekayaan pegawai negeri berdasarkan penghasilan dari gaji dan tunjangan yang diterima setiap bulan sebelum dipotong pajak penghasilan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2013 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Lihat perhitungan gaji disini

Gaji Pokok
Kita bisa menghitung penghasilan pegawai negeri dari gaji pokok yang diterima oleh pegawai negeri setiap bulan. Lihat tabel gaji pokok di bawah. Mari kita asumsikan saja pegawai tersebut mempunyai masa kerja selama 10 tahun untuk setiap golongan yang tertera pada tabel dibawah ini.



Tunjangan Keluarga
Selain dari gaji pokok, pegawai negeri juga menerima tunjangan keluarga. Yang dimaksud dengan tunjangan keluarga adalah tunjangan istri/suami ditambah tunjangan anak. Kita asumsikan saja bahwa pegawai negeri tersebut sudah menikah (1 orang istri) dan mempunyai 2 orang anak. Rumusnya adalah gaji pokok x 10% = Itulah tunjangan istri/suami. Kalau tunjangan anak rumusnya adalah Gaji pokok x 0,01%  dikalikan dengan jumlah anak. Untuk lebih jelasnya disajikan dalam tabel di bawah ini.



Tunjangan Beras
Selain Gaji pokok dan tunjangan keluarga, pegawai negeri juga mendapatkan tunjangan beras setiap bulannya. Cara menghitungnya yaitu jumlah jiwa dikalikan jumlah beras. Dari contoh tabel tunjangan beras Rp 58.050 x jumlah jiwa.




Tunjangan Jabatan
Selain penghasilan pegawai negeri dari uraian di atas, pegawai negeri juga mendapatkan penghasilan dari tunjangan jabatan. Tunjangan jabatan ini diberikan kepada pegawai negeri yang menduduki suatu jabatan dalam lingkup organisasi. Tabel di bawah ini adalah perhitungan besaran jumlah tunjangan jabatan berdasarkan jenis jabatan.

gaji pns


Tunjangan Fungsional Umum
Bagi pegawai negeri yang tidak menduduki suatu jabatan dalam lingkup organisasinya, pemerintah juga memberikan tunjangan yang disebut dengan tunjangan fungsional umum. Besaran jumlah tunjangan fungsional umum ini disesuaikan dengan golongan pegawai negeri yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini.

gaji pegawai negeri



Penghasilan dari Lembur
Selain sumber penghasilan seperti di jelaskan diatas, pegawai negeri juga berhak mendapatkan uang lembur. Penjelasan tentang  lembur disini. Besaran uang lembur yang diterima oleh pegawai negeri ini relatif. Karena pekerjaan lembur tidak setiap hari. Tabel di bawah ini menyajikan data berapa besar uang lembur yang diterima setiap jam lembur (tarif lembur perjam).


uang lembur pegawai



Seperti itulah kira-kira gambaran berapa besar jumlah kekayaan atau penghasilan yang diterima oleh seorang pegawai negeri dalam sebulan. Penghasilan tersebut di atas tentunya berhubungan dengan tugas dan pekerjaan yang diemban di kantor sebagai seorang pegawai negeri. 

Penghasilan dari Sumber Lain
Penghasilan dari sumber lain ini relatif  juga. Maksudnya seorang pegawai negeri kadang mempunyai usaha sampingan di luar kantor. Usaha sampingan yang dimaksud biasanya dikelola atau dijalankan oleh istri/suami pegawai negeri yang bersangkutan.  Misalnya usaha jasa kursus komputer, jasa boga,  jasa service, jual-jualan dan lain-lain yang tentunya diharapkan bisa memberikan penghasilan tambahan (biar dapur tetap ngebul). Curahan hati

Demikianlah artikel tentang cara menghitung kekayaan pegawai negeri.
Bila ada yang salah mohon masukan dan saran agar segera diperbaiki. Terima kasih
Semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

40 komentar

kalau bisa mengatur keuangan gaji yang begitu besar (bagi orang desa)pasti sudah sangat luar biasa ya buat kredit rumah sama kendaraan

Balas

rasa syukur yang teramat dalam kupanjatkan walaupun hanya pegawai golongan rendah,penghasilannya melebihi eselon 2...dicurigai oleh atasan udah pasti...tapi tenang azh wong kios ubi cilembu nya keliatan ko'.

Balas

sebaiknya kekayaan pegawai negeri di periksa ya mas agar tidak ikut korupsi :)

Balas

wah mantap tuh bisnis sampingannya kang hahaha

Balas

tinggal di manajemen aja keuangannya biar bisa kredit motor hehehe
trims

Balas

Kalo ada pgawai negeri yg kaya raya..
mungkin dari warisan mertua atau menang lotre hehehe
trims

Balas

seorang PNS harus pandai-pandai mengurus keuangannya ya gan.. apa lagi perekonomian sekarang sudah semakin sulit... :)

Balas

Apalagi harga2 kebutuhan pokok smakin melambung...
gaji PNS hanya cukup buat makan..
tapi disyukuri aja

Balas

ternyata ane salah rupanya..kiranya jika golongan 1 itu gajinya tinggi, :):)

Balas

jika dilihat dari tabel gaji diatas, ternyata memang kecil ya bang gaji seorang PNS, masih kalah dengan buruh attuh, yang bisa mencapai 6juta perbulan, seperti teman saya jabatan pengawas gaji perbulan sudah termasuk uang lembur dan jabatan, dia terima 6,3 sampai 6.5 / bulan dan itu asli saya lihat pada slip gaji,,
tetapi kenapa orang banyak yang rela nyogok sampai puluhan juta hanya untuk jadi seorang PNS ya..hehe

Balas

wah gede banget berarti ya gajinya :o Subhanallah...

Balas

Gaji gol I menurut tabel diatas perbulan kalo
ditotal bersih 1,9 jutaan.. sprti admin blog ini :( :(

Balas

Biasa aja gan..
Disyukuri aja hehehe

Balas

memang bila dibandingkan dgn profesi lain gaji PNS ini tergolong sangat kecil..
kalau temannya mbak yg bergaji 6 jutaan tuh biasanya dia sdh pejabat eselon 3 barangkali ya?.. kalo admin blog ini mah cuman golongan 1 dan staf biasa dgn gaji hampir 2 jutaan bersih, tapi tetap disyukuri aja hehehe..

Bnyk yg minat jadi PNS krn berbagai-bagai alasan.. (Lihat postingan Curahan Hati Seorang PNS) hehehe..

Trims

Balas

hmm, klu digabung2 perbulannya lumayan besar ya, tapi susah banget buat tembus PNS, ya?

Balas

beruntung juga ya jadi pns. tapi pns harus bekerja yang bener, jangan bolos kerja mulu seharusnya -__

Balas

Lumayan gan buat hidup sehari-hari
trims

Balas

sip gan..trims masukannya :)

Balas

wah kalau gini gan ane juga mau jadi PNS . tpi jadi PNS Blogger :D
kunjungan perdana nih

Balas

sipp gan trims kunjungannya

Balas

PNS harus pintar dalam mengurus keuangannya ya mas

Balas

mantap trik nya, harus dicoba nih

Balas

kekayaan ngga ngaruh dengan mental korupsi ko' m'ba...menurut saya mah gituh.

Balas

jadi pns harus pintar cari sabetan hehehe...

Balas

betul gan.. harus itu :)

Balas

sip..sipp.. :)

Balas

ya harus punya sampingan...
ya macam ngeblog ini hahaha

Balas

saya di gol II.a mas... hmmm.. perhitungannya seperti ini

Balas

klo di darah saya mah besar segitu ya mas... soalnya di banyuwangi ini emang murah2 gtau klo diluar kota sana :)

Balas

klo masih single sih enak gajinya segitu bisa buat manajemen sendiri.. lah klo udah punya anak.. harus punya sampingan ya mas :)

Balas

yang penting bajunya tetep bersih yia bos, hehehe....

Balas

betul gan..sama saja
trims

Balas

iya gan hehehe..

Balas

Kalo pns nya masih bujangan aman2 saja gan
seperti saya ini hehehe

Balas

sepatunya mengkilat hehehe

Balas

ternyata lumayan banyak juga ya mas tunjangan PNS, selain gaji pokok nya ;)

Balas

Iya banyak tuh PNS yang mengeluh pengeluaran tiap bulannya terus meningkat. Jadi harus di perhitungkan semuanya.

Balas

apalagi tunjangan sertifikasi yg dirapel.. wow
slamat buat rekan guru2.. (y)

Balas

Salam kenal pak mas nimda

Balas

salam kenal mas..trims sudah berkunjung

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih