Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Negeri dengan Menggunakan Rumus Sederhana Excel

Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Negeri dengan Menggunakan Rumus Sederhana Excel

Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Negeri dengan Menggunakan Rumus Sederhana Excel - Bagaimana cara untuk mengetahui masa kerja seorang pegawai negeri ? Kita dengan mudah bisa menghitung masa kerja seorang pegawai berdasarkan nomor induk atau NIP pegawai tersebut dengan menggunakan rumus atau formula sederhana Microsoft Excel.

Disinilah letak kemudahan kita dalam menghitung masa kerja pegawai, karena nomor induk pegawai tidak seperti dulu. Sekarang nomor induk pegawai negeri formatnya sudah berubah, yaitu terdiri dari 18 (delapan belas) digit, yang memuat : tahun dan tanggal kelahiran, tahun dan bulan pengangkatan pegawai, jenis kelamin, serta nomor urut pengangkatan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah

masa kerja pegawai pns

Keterangan :
  • Kotak pertama menunjukkan tahun dan bulan serta tanggal lahir pegawai negeri
  • Kotak kedua menunjukkan tahun dan bulan pengangkatan pegawai negeri
  • Kotak ketiga menampilkan jenis kelamin pegawai. Jika angka 1 (satu) jenis kelamin adalah pria, dan jika angka 2 (dua) adalah jenis kelamin perempuan.
  • Kotak ke empat adalah nomor urut pengangkatan pegawai negeri.

Dengan pengelompokan format nomor induk pegawai tersebut tersebut, tentu saja kita bisa dengan mudah dan cepat menganalisa serta menghitung sendiri data pegawai yang kita kehendaki.
Tapi bagaimana cara untuk menghitungnya satu persatu jika kita mempunyai data yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan orang pegawai ? Menurut saya itu sangat sulit, namun kita bisa menggunakan Microsoft Excel supaya pekerjaan kita bisa lebih mudah untuk menghitung masa kerja pegawai tersebut dengan menggunakan rumus yang sangat sederhana. Rumus ini telah tersedia di Microsoft excel versi lama maupun versi terbaru. Gambar di bawah ini adalah contoh data pegawai secara sederhana.



Cara Menggunakan Rumus Untuk Menghitung Masa Kerja, Umur, dan Jenis Kelamin

Pertama-tama buatlah tabel data pegawai seperti gambar di atas sebagai contoh kasus. Saya akan coba menghitung jumlah masa kerja pegawai berdasarkan nomor induk pegawai yang terdapat pada kolom dua, hasilnya akan saya tempatkan di kolom keempat (kolom masa kerja) dengan menggunakan fungsi mid() pada Microsoft excel. Perhatikan gambar di bawah ini.





Penjelasan :
Format rumus/formula pada tabel di atas adalah =2015-(MID((C7;9;4)). Fungsi mid() akan mengambil nilai yang ada pada kolom NIP (cell C7) pada karakter ke-9, dan diambil sebanyak 4 karakter. Hasilnya adalah 2008 jika dikurangkan dengan tahun sekarang misalnya tahun 2015. Sedangkan untuk baris selanjutnya, rumus tersebut di copy saja kebawah sebanyak jumlah baris yang akan kita dihitung. 

Untuk menghitung umur pegawai pada kolom ke-5 (lima) pada contoh gambar di atas, rumusnya sama dengan cara menghitung masa kerja. Rumusnya adalah =2015-(MID(C7;1;4)). Rumus ini akan menghitung mulai dari karakter ke-1 (pertama) pada nip, dan diambil sebanyak 4 karakter. Hasilnya adalah tahun lahir. Selanjutnya dikurangkan dengan tahun sekarang (misalnya tahun 2015).
Sedangkan untuk menampilkan jenis kelamin pegawai pada kolom keenam, gunakan rumus berikut =IF(MID(C7;15;1)="1";"Laki";"Perempuan").


Jika langkah-langkah berhasil anda ikuti, hasilnya akan seperti pada gambar tabel di atas. Data pegawai dapat disajikan secara lengkap di tabel hanya dengan menggunakan rumus atau formula sederhana excel. Jika penulisan nip pegawai berdasarkan masa tanggal lahir, tahun pengangkatan, jenis kelamin dipisahkan oleh spasi maka rumus tersebut harus tetap menyesuaikan dengan jumlah karakter yang akan ditampilkan.

Demikian tutorial tentang Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Negeri dengan Menggunakan Rumus Sederhana Excel. Semoga bermanfaat.

Jika anda ingin menonton video singkat tutorial di atas Silahkan kunjungi video ini


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

terimkasih ka infonya sangat bermanfaat:)

Balas

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih