Cara Membuat Macro Export Data dari MS Access ke MS Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Macro Export Data dari MS Access ke MS Excel Dengan Mudah

Utilitas untuk mengeksport data dari suatu aplikasi  ke Microsoft Excel merupakan suatu syarat bagi sebuah aplikasi yang baik. Tentu saja jika sebuah aplikasi dilengkapi dengan utilitas export data, pasti akan mempunyai nilai tambah tersendiri.

Kenapa perlu menyalin atau mengeksport data ke excel ? Biasanya hal ini kita lakukan untuk keperluan berbagi data kepada pihak ketiga, atau ke pada pihak lain dalam bentuk soft copy atau salinan kepada pihak yang membutuhkan data yang telah kita olah.

Untuk aplikasi yang dibuat menggunakan MS Access cara ini sangat mudah. Kita hanya perlu membuat sebuah macro atau function sederhana untuk membantu kita dalam melakukan  eksport data ke excel.

Berikut Cara Membuat Macro Export dari MS Access ke MS Excel


Pertama-tama buka dulu artikel tentang Cara Membuat Query di blog ini, yang akan kita gunakan sebagai bahan praktek. Atau abaikan saja jika anda sudah pernah membuat aplikasi lain yang bisa anda jadikan contoh.

Step Pertama

Buka tabel tbl_SuratMasuk seperti gambar di bawah ini. Data yang akan kita export ke excel kita akan ambil dari tabel surat masuk ini. Tapi supaya data yang ada di tabel surat masuk ini tidak terganggu, sebaiknya kita buat querynya saja. Mengapa ? Karena yang akan kita export adalah hasil query dari tabel surat masuk ini saja.

export-ke-excel


Step Kedua

Buatlah sebuah query surat masuk dengan menggunakan query desain seperti gambar di bawah ini. (Silahkan baca artikel cara membuat query). Setelah selesai, simpan dan beri nama query yang kita buat misalnya Export Data Excel.

macro-export-data


Step Ketiga

Pada menu bar Microsoft Access, klik menu Macro untuk membuat sebuah macro. Ikuti petunjuk gambar di bawah ini, usahakan supaya jangan ada yang terlewatkan. Jika sudah selesai simpan macro dan beri nama misalnya “export data ke excel”

export-excel


Isi  kolom Condition dengan mengcopy perintah macro di bawah ini :

MsgBox(‘Ekspor “Data Surat Masuk” ke Microsoft  Excel@Pastikan file “Surat Masuk.xls” tidak sedang dibuka aktif. @Ekspor dilanjutkan ?’;33+256)=2

 

Step Keempat

Untuk mengetes apakah  macro yang anda buat berfungsi atau tidak, silahkan klik tombol Run (tanda seru merah) di pojok kiri atas. Jika step by step di atas anda ikuti dengan benar, maka akan muncul kotak pesan seperti gambar di bawah ini, yang mengkonfirmasi  bahwa  data surat masuk  akan di eksport ke ms excel. Klik tombol OK untuk melanjutkan proses eksport, atau klik  tombol  Cancel jika batal mengeksport.

macro-export-excel


Jika data berhasil di eksport, carilah file hasil eksport di Folder My Document dengan nama file “Surat Masuk.xls”. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. Anda tinggal mengedit ulang kolom dan baris, serta menambahkan beberapa pengaturan yang diperlukan.

export-ke-excel


Supaya Macro bisa di akses oleh user yang menggunakan aplikasi, tempatkan macro export data pada menu bar aplikasi. Lihat gambar di bawah

cara-membuat-macro-export-data-ms-access-ke-ms-excel



Jika anda ingin menonton proses pembuatan macro export data, silahkan nonton
Video Tutorialnya disini

Demikian tutorial tentang Cara Membuat Macro Export Data dari Ms Access Ke Ms Excel dengan Mudah. Semoga bermanfaat. Terima kasih





Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih